Berapa Biaya Balik Nama Mobil Juni 2024?

Berapa Biaya Balik Nama Mobil

Selamat datang di artikel ini yang akan memberikan panduan lengkap dan terperinci mengenai biaya balik nama mobil. Jika kamu sedang mencari informasi mengenai prosedur balik nama mobil dan ingin mengetahui estimasi biaya yang terkait, kamu telah berada di tempat yang tepat. Kami akan membantu kamu memahami secara rinci seluruh aspek yang terkait dengan proses ini, termasuk biaya-biaya yang mungkin perlu kamu pertimbangkan.

Mengapa Balik Nama Mobil Penting?

Sebelum kita membahas biaya balik nama mobil, mari kita pahami mengapa proses ini penting dilakukan. Balik nama mobil diperlukan saat kepemilikan kendaraan bermotor dialihkan dari satu pemilik ke pemilik baru. Proses ini juga melibatkan perubahan data kepemilikan dalam dokumen resmi kendaraan, seperti Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB). Dengan melakukan balik nama mobil sesuai ketentuan yang berlaku, kamu akan mendapatkan kepastian hukum terkait kepemilikan mobil yang kamu beli.

Apa itu Balik Nama?

Balik nama mobil adalah proses mengubah kepemilikan mobil dari satu pemilik ke pemilik lainnya. Hal ini penting dilakukan ketika kamu membeli atau menjual mobil bekas untuk memastikan kepemilikan sah dan menghindari masalah hukum di kemudian hari.

Proses Balik Nama Mobil

Banyak orang merasa malas dalam melakukan proses balik nama mobil karena prosesnya yang terbilang ribet dan bertele-tele. Bahkan sebagian lebih memilih melakukannya dengan jasa calo. Supaya kamu tak kebingungan, silahkan simak bagaimana cara balik nama mobil beserta biayanya.

Proses balik nama mobil melibatkan beberapa tahapan yang harus kamu lewati. Tahapan-tahapan ini meliputi:

  1. Persiapan Dokumen – Kamu perlu menyiapkan beberapa dokumen penting sebagai syarat balik nama mobil, berikut di antarnya:
    • Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) asli
    • Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) asli
    • Surat Keterangan Cek Fisik Kendaraan Bermotor (SKCK)
    • Surat Keterangan Kepemilikan Kendaraan Bermotor (SKPKB)
    • Surat Keterangan Lunas Pajak Kendaraan Bermotor

    Pastikan kamu telah mengumpulkan semua dokumen ini sebelum melanjutkan ke tahap berikutnya.

  2. Pemeriksaan Fisik Kendaraan – Setelah kamu memiliki dokumen yang diperlukan, selanjutnya kendaraan akan diperiksa secara fisik oleh petugas dari Satuan Lalu Lintas (Satlantas). Pemeriksaan ini bertujuan untuk memastikan bahwa kendaraan dalam kondisi baik dan sesuai dengan data yang tercantum pada dokumen.
  3. Pembayaran Pajak Progresif – Setelah pemeriksaan fisik selesai, kamu perlu membayar Pajak Progresif Kendaraan Bermotor (PKB) sesuai dengan aturan yang berlaku. Jumlah pajak yang harus dibayar tergantung pada jenis dan usia kendaraan.
  4. Pendaftaran Balik Nama – Setelah pembayaran pajak selesai, kamu dapat mendaftarkan balik nama mobil di Kantor Samsat terdekat. Pastikan kamu membawa semua dokumen yang diperlukan dan mengisi formulir yang disediakan dengan lengkap dan benar.
  5. Proses Administrasi – Setelah pendaftaran selesai, petugas akan memeriksa dokumen-dokumen yang kamu berikan dan melakukan proses administrasi. Proses ini mencakup verifikasi data dan pembuatan bukti pembayaran balik nama.
  6. Penerbitan STNK dan BPKB – Setelah proses administrasi selesai, kamu akan menerima Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) yang baru dengan nama kamu sebagai pemilik resmi.

Estimasi Biaya Balik Nama Mobil

Estimasi biaya balik nama mobil dapat berbeda-beda tergantung pada beberapa faktor, seperti jenis kendaraan, wilayah, dan tahun produksi kendaraan. Namun, kami akan memberikan gambaran umum mengenai biaya-biaya yang mungkin perlu kamu pertimbangkan:

  1. Pajak Balik Nama: Biaya ini berkaitan dengan pembayaran pajak kendaraan yang harus kamu bayar saat melakukan proses balik nama mobil. Pajak ini dihitung berdasarkan tarif yang ditetapkan oleh pemerintah.
  2. Biaya Administrasi: Samsat akan mengenakan biaya administrasi untuk proses balik nama mobil. Biaya ini dapat bervariasi tergantung pada wilayah tempat kamu tinggal.
  3. Biaya Materai: Saat kamu melakukan proses balik nama mobil, kamu juga perlu membeli materai sebagai tanda bukti pembayaran biaya administrasi. Biaya materai ini juga akan menjadi bagian dari total biaya balik nama mobil.
  4. Biaya Jasa: Jika kamu menggunakan jasa agen atau pihak ketiga dalam proses balik nama mobil, kamu perlu mempertimbangkan biaya jasa yang mereka kenakan. Biaya ini dapat bervariasi tergantung pada perjanjian yang kamu buat dengan agen tersebut.

Pastikan kamu menghubungi Samsat terdekat atau melakukan penelitian lebih lanjut untuk mendapatkan estimasi biaya balik nama mobil yang lebih akurat sesuai dengan kondisi dan lokasi kamu.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah memberikan panduan lengkap mengenai biaya balik nama mobil. Kami menjelaskan proses balik nama mobil secara rinci dan memberikan gambaran mengenai dokumen-dokumen yang diperlukan. Kami juga membahas estimasi biaya yang mungkin perlu kamu pertimbangkan.

Proses balik nama mobil dapat berbeda di setiap wilayah, oleh karena itu, kami mendorong kamu untuk menghubungi Samsat terdekat atau instansi terkait lainnya untuk informasi yang lebih akurat sesuai dengan tempat tinggal kamu. Dengan memahami proses ini dan mengetahui estimasi biayanya, kamu dapat menghadapi proses balik nama mobil dengan lebih siap dan terinformasi.

FAQ

Berapa total biaya balik nama mobil?

Umumnya untuk pendaftaran dikenakan biaya sebesar Rp75.000-100.000. Ada juga Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas. Ini menjadi salah satu bentuk kebijakan pemerintah yang harus dibayarkan jika kamu balik nama mobil. Kisaran biayanya yaitu Rp143.000.

Berapa biaya balik nama BPKB dan STNK?

Biaya pembuatan BPKB baru: Rp 225.000. Biaya pembuatan nomor polisi baru: Rp 30.000. Biaya pembuatan STNK: Rp 100.000. Biaya Penerbitan Tanda Nomor Kendaraan (TNKB) pelat nomor untuk kendaraan dua Rp 60.000.

Balik nama mobil apa syaratnya?

BPKB asli. STNK asli. KTP pemilik yang baru. Kwitansi pembelian kendaraan (sebaiknya kwitansi yang dibawa terdapat nomor rangka dan mesin, warna kendaraan, dan pelat nomor secara jelas).

Berapa biaya balik nama dan ganti plat mobil?

Biaya cek fisik mobil sebesar Rp30.000. Biaya SWDKLLJ sebesar Rp143.000. Biaya BBN KB (Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor) sebesar 1% dari harga pembelian mobil. Biaya penerbitan STNK baru sebesar Rp200.000.

Bagaimana cara menghemat biaya balik nama mobil?

Beberapa tips untuk menghemat biaya balik nama mobil termasuk melakukan riset biaya, menggunakan jasa balik nama, dan memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi biaya seperti nilai jual mobil dan wilayah tempat tinggal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *