Mobil, Tips  

Cara Memancing Aki Mobil Yang Tekor

Cara Memancing Aki Mobil Yang Tekor – Aki merupakan salah satu komponen yang memiliki peran yang sangat cukup vital dalam sistem kelistrikan mobil. Melakukan perawatan dan pengecekan aki secara rutin sangat perlu dilakukan, hal ini dikarenakan aki  menjadi komponen utama yang berfungsi memberi suplai daya listrik kepada komponen-komponen kelistrikan lainnya seperti lampu, speedometer dan lainnya.

Menjaga aki agar tetap dalam kondisi yang prima sangat perlu dilakukan. Pengecekan secara berkala dan juga perawatan yang rutin sebagai tindakan antisipasi agar tidak terjadi permasalah pada aki tekor saat berada di perjalanan. Namun jika masalah itu terjadi pada kamu, tidak perlu bingung dan khawatir. Karena pada artikel kali ini, Mejikom akan membahas bagaimana cara memancing aki mobil yang tekor.

Hal-Hal Yang Dapat Menyebabkan Aki Mobil Tekor

Sebelum membahas secara lengkap tentang bagaimana cara memancing aki mobil yang tekor, ketahuilah terlebih dahulu hal-hal yang dapat membuat aki mobil menjadi tekor seperti berikut ini:

  1. Umur aki yang sudah tua.
  2. Terjadi kerusakan pada alternator mobil.
  3. Jarangnya penggunaan mobil.
  4. Terlalu banyak memasang aksesoris yang banyak memakan daya listrik.
  5. Salah dalam pemilihan ukuran aki.
  6. Memasang lampu proyektor yang tidak sesuai standar.
  7. Penggunaan lampu proyektor yang terlalu sering.
  8. Terlalu lama dan sering menghidupkan komponen-komponen yang memakai daya listrik di saat kondisi mesin sedang mati.

Setelah mengetahui berbagai hal yang dapat mengakibatkan aki mobil menjadi tekor, tentunya akan menjadikan pembelajaran bagi kamu agar lebih bijak dalam penggunaan dan pemilihan aki mobil kamu.

Cara Memancing Aki Mobil Yang Tekor

Disaat berkendara di jalan menggunakan mobil, tanpa disangka kadang kala muncul berbagai trouble yang terjadi pada mobil kamu. Salah satunya adalah aki mobil yang mengalami kehabisan daya atau tekor. Pasti jika hal itu terjadi, kamu akan merasa kebingungan. Apalagi jika tidak ada bengkel terdekat yang dapat dimintai pertolongan. Mulai sekarang jangan bingung dan jangan khawatir, karena kamu dapat melakukan penanganan dini sebagai berikut jika mobil kamu mengalami masalah seperti itu meskipun sedikit ribet. Berikut adalah cara-caranya:

Baca Juga : Cara Membuat STNK dan BPKB Motor Bodong

  1. Mencari Bantuan Mobil Yang Memiliki Aki Yang Bagus.

Aki tekor terjadi karena suplai daya yang dialirkan oleh sistem kelistrikan pada mobil tidak dapat diterima secara maksimal oleh aki. Dengan kata lain, aki tidak dapat lagi menampung daya listrik secara maksimal. Sehingga jika masalah ini terjadi pada mobil kamu, langkah pertama yang harus kamu lakukan mencari pertolongan dari mobil lain guna menjadi pendonor.

  1. Melakukan Penjumperan.

Setelah menemukan mobil yang mau untuk dijadikan pendonor, langkah selanjutnya adalah mendekatkan kedua mobil dan menyiapkan dua buah kabel guna melakukan penjumperan. Pastikan kabel yang akan digunakan dalam kondisi yang bagus.

 

Yang tak kalah penting, pastikan kedua mobil dalam kondisi mati dan posisikan transmisi pada posisi netral( N ) pada mobil manual dan posisi P untuk mobil matic. Jangan lupa untuk mengaktifkan fitur rem tangan guna menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

Hubungkan ujung kabel dengan kutub positif(+) aki yang masih dalam kondisi normal dan satu ujung lainnya dihubungkan ke kutub postif aki(+) yang tekor.

Satu kabel sisanya, hubungkan pada kutub negatif aki(-) yang masih normal, sedangkan satu ujungnya gunakan sebagai ground dengan menghubungkan atau menempelkannya ke bagian metal pada mobil yang mogok. Kemudian tunggu beberapa saat agar pengisian aki berlangsung.

 

  1. Hidupkan Kedua Mobil.

Setelah pengisian aki terasa sudah cukup, langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah menghidupkan kedua mobil.

Diawali dengan menghidupkan mobil yang memiliki aki normal dan setelah menunggu beberapa saat, dilanjut menghidupkan mobil yang mengalami aki terkor.

Jika mobil yang mengalami aki tekor masih tidak mau menyala saat distarter, tunggulah beberapa saat lagi karena itu tandanya daya yang tersimpan pada aki belum cukup untuk mampu menghidupkan mobil.

 

  1. Lepsakan kabel Jumper

Setelah mobil yang mengalami permasalahan pada aki sudah bisa dihidupkan kembali, lakukan pelepasan kabel jumper dengan urutan terbalik dari cara pemasangannya. Kemudian biarkan mobil terus menyala hingga beberapa saat.

Namun tingkat keberhasilan cara di atas sangat dipengaruhi oleh kondisi aki yang masih mendukung. Kondisi aki yang sudah tua dan tidak mampu lagi  menyimpan daya listrik dapat menyebabkan cara di atas akan gagal. Jika hal ini terjadi, tidak ada cara lain selain mengganti aki mobil dengan aki yang baru.

Cara Mengatisispasi Terjadinya Aki Tekor Pada Mobil

Walupun telah mengetahui bagimana cara penanganan aki mobil yang tekor, namun tentunya kamu tidak ingin jika masalah tersebut menimpa kamu pada suatu hari. Maka dari itu, berikut ada beberapa cara antisipasai agar aki pada mobil kamu tidak mengalami tekor saat berada di perjalanan:

  • Sebelum melakukan perjalanan, pastikan terlebi dahulu aki mobil dalam kondisi normal.
  • Lakukan service runtin, guna membuat komponen-komponen pada mobil tetap dalam kondisi prima.
  • Jika terasa aki mobil kekurangan daya, segera lakukan pengecasan.
  • Jangan menambah atau menggunkan fasilitas yang ada pada mobil secara berlebihan.

 

Penutup

Seperti itulah cara memancing aki mobil yang tekor yang bisa kalian lakukan jika mengalami kendala ini di jalan. Agar masalah tersebut tidak terjadi pada kamu, penting untuk melakukan pengecekan aki secara berkala. Karena melakukan antisipasi dini lebih baik dilakukan daripada harus menunggu timbulnya permasalahan.

Simak dan baca terus artikel di Pajakmotor.com, karena kami akan terus memberikan informasi terupdate dan tentunya bermanfaat untuk kalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *