Cara Memperbaiki Lampu Sein GSX R 150 yang Tidak Mau Menyala

Lampu sein GSX R 150 mati

Beberapa hari lalu saya mengalami masalah dengan motor Suzuki GSX R-150 yang lampu sein dan lampu belakang bagian rem tidak mau menyala atau sulit menyala.

Detailnya seperti ini, lampu sein kadang bisa nyala tapi sering tidak merespon ketika digeser kanan-kiri, lampu rem belakang pun demikian, kadang nyala kadang tidak. Lampu dim jarak jauh pun begitu, kadang menyala tapi kalau sudah menyala akan sulit kembali ke lampu dekat.

Sedangkan lampu utama masih nyala normal aman sentosa.

Nah, kadang ada saja orang yang biasa-biasa saja ketika lampu sein dan rem belakang mati asalkan lampu utama masih menyala. Saya orang yang tidak bisa seperti itu, semua komponen harus berfungsi normal termasuk lampu sein Suzuki GSX R 150 yang saya miliki.

Penyebab Lampu Sein Motor Mati

Lampu Sein Suzuki GSX R 150
Lampu Sein Suzuki GSX R 150

Ada asap pasti ada api, begitu pula soal lampu pasti ada penyebab kenapa lampu sein tersebut bisa mati.

Lampu sein merupakan komponen penting pada motor untuk memberikan tanda kepada pengendara lain saat ingin berbelok atau berpindah jalur. Jika lampu sein motor mati, tentu saja dapat membahayakan keselamatan kita dan orang lain.

Beberapa kemungkinan yang menyebabkan sein pada motor mati, diantaranya sebagai berikut.

Bohlam Putus

Ini adalah penyebab paling umum dan mudah diatasi. Bohlam yang putus dapat menyebabkan satu atau semua lampu sein mati.

Solusi: Periksa kondisi bohlam lampu sein. Jika bohlam putus, ganti dengan bohlam baru yang sesuai dengan spesifikasi motor.

Sekering Putus

Ilustrasi Sekering Motor
Ilustrasi Sekering Motor

Sekering berfungsi untuk melindungi rangkaian kelistrikan dari kerusakan akibat korsleting. Jika sekring putus, lampu sein tidak akan menyala.

Solusi: Periksa kondisi sekring lampu sein. Jika sekering putus, ganti dengan sekring baru yang sesuai dengan ampere. Di motor Suzuki GSX, letak sekering ada di bawah jok motor, silahkan buka jok tersebut dan kamu akan langsung menemukannya.

Relay Rusak

Relay Motor Suzuki GSX R
Relay Motor Suzuki GSX R

Relay motor, juga dikenal sebagai “bendik starter”, merupakan komponen penting dalam sistem kelistrikan motor yang berfungsi sebagai saklar elektromagnetik. Relay bekerja dengan cara menghubungkan dan memutuskan aliran arus listrik berdaya tinggi dari aki ke komponen lain, seperti dinamo starter, lampu, atau klakson.

Jika komponen yang dikendalikan relay tidak berfungsi, itu bisa menjadi tanda kerusakan relay.

Solusi: Posisi relay di Suzuki GSX R ada di bawah jok motor, bersebelahan dengan sekering yang dijelaskan sebelumnya. Silahkan kamu copot joknya dan coba cek komponen tersebut. Pastikan kamu menggunakan relay yang sesuai dengan tipe motor. Jika relay rusak, segera ganti dengan yang baru.

Flasher Sein yang Rusak atau Kotor

Flasher Sein
Ilustrasi Flasher Sein

Penyebab selanjutnya kenapa lampu sein GSX R tidak menyala adalah flasher yang bermasalah, bisa kotor atau rusak. Komponen ini ada di sisi kanan bagian bawah tangki motor GSX. Jadi kamu harus membongkar bagian body sebelah kanan untuk menemukannya.

Pada kasus motor Suzuki GSX R 150 saya sendiri ternyata yang bermasalah adalah flasher yang rusak dan berkarat. Hal ini menyebabkan lampu sein tidak bisa berkedip karena flasher berhubungan langsung dengan lampu sein.

Solusinya: Bongkar body kanan motor, dan temukan flasher tersebut. Cek kondisinya, apabila bermasalah silahkan ganti dengan yang baru. Dikarenakan agak merepotkan untuk melepas body, sebaiknya cek komponen lain dulu yang posisinya lebih mudah dijangkau.

Tegangan Aki Tidak Maksimal

Tegangan aki yang rendah dapat menjadi penyebab sein motor mati sebelah. Aki motor harus memiliki tegangan di atas 12 volt untuk berfungsi secara optimal. Pastikan tegangan aki sudah mencapai level maksimal.

Solusi: Pastikan voltase aki di atas 12 volt, kamu bisa melakukannya dengan voltmeter.

Akibat Lampu Sein Tidak Segera Diperbaiki

Motor Suzuki GSX R 150
Motor Suzuki GSX R 150

Lampu sein di motor tidak hanya sebagai aksen gaya, tapi sangat penting untuk keselamatan pengendara dan orang lain di jalan. Jika lampu sein rusak dan tidak diperbaiki segera, ada beberapa konsekuensi serius yang bisa terjadi:

1. Kecelakaan

Pengendara lain mungkin bingung ketika kamu mau belok atau mendahului. Tanpa sein, orang lain di jalan tidak akan tahu arah kendaraanmu akan berbelok, yang bisa berakibat pada kecelakaan.

Selain itu, lampu sein yang mati bisa menjadi bentuk pelanggaran hukum. Di beberapa tempat, tidak menggunakan sein saat berbelok atau pindah jalur adalah pelanggaran yang bisa kena denda.

2. Ancaman bagi Keselamatan Diri Sendiri

Saat kamu akan berbelok, orang lain tidak bisa memprediksi gerakan kamu, bisa menyebabkan tabrakan dan kamu jatuh dari motor. Jika sudah demikian maka kamu akan dituntut ganti rugi oleh pengendara lain karena berbelok tanpa tanda jelas.

3. Kerusakan pada Komponen lain

Lampu sein motor yang mati dan tak segera diperbaiki bisa mengakibatkan korsleting pada komponen kelistrikan lain. Jika lampu sein rusak karena korsleting, bisa merambat ke bagian lain dan menyebabkan kerusakan yang lebih parah. Kamu akan keluar uang yang lebih banyak.

Contohnya, bisa mempercepat kerusakan aki. Aki akan bekerja lebih keras untuk menyalakan lampu sein mati, sehingga bisa mempercepat usianya.

Menunda perbaikan lampu sein motor yang rusak sama dengan membuka pintu bagi masalah. Oleh karena itu, segera perbaiki lampu sein jika ada masalah, demi keselamatan kamu dan pengguna jalan lainnya.

Adanya lampu sein yang berfungsi dengan baik pada motor tidak boleh diabaikan. Selain menjadi bagian dari kewajiban hukum, lampu sein yang mati dapat mengakibatkan berbagai risiko yang serius, mulai dari kecelakaan hingga kerusakan pada kendaraan dan potensi ancaman keamanan.

Oleh karena itu, sebagai pengendara yang bertanggung jawab, penting untuk memastikan bahwa lampu sein motor selalu dalam kondisi baik dan segera memperbaikinya jika ada kerusakan. Dengan demikian, kita dapat meningkatkan keselamatan tidak hanya bagi diri sendiri tetapi juga bagi pengguna jalan lainnya. Ingatlah, keamanan di jalan raya dimulai dari tindakan kecil seperti memperbaiki lampu sein yang mati.

Untuk lampu sein Suzuki GSX R 150 yang mati bisa diakibatkan oleh beberapa komponen di atas. Khususnya antara sekring, relay atau flasher, dimana ketiga komponen tersebut berhubungan dengan lampu dan listrik. Apabila kamu tidak mau ribet, kamu bisa membawanya ke bengkel terpercaya.

Terimakasih sudah membaca, silahkan tinggalkan komentar bila berkenan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *