Cara Memperbaiki Mobil Penyok Dengan Mudah

Cara Memperbaiki Mobil Penyok Dengan Mudah

Cara Memperbaiki Mobil Penyok Dengan Mudah – Terjadinya penyok pada bagian badan atau body ataupun bagian lainnya dari sebuah kendaraan mobil tentu merupakan sebuah permasalahan yang sudah dianggap biasa oleh para pemilik. Entah karena sebuah insiden kecelakaan, terbentur oleh benda keras ataupun sebagainya, banyak kemungkinan yang dapat menjadi penyebab timbulnya penyok pada sebuah body kendaraan mobil.

Meskipun tidak mengurangi dari segi performa, adanya penyok pada mobil menyebabkan nilai estetis atau keindahan dari sebuah mobil, sehingga dapat sangat mempengaruhi harga ketika mobil tersebut akan dilakukan penjualan. Maka dari itu, perlu tindakan yang tepat dan cepat agar permasalah penyok tersebut dapat segera dihilangkan.

Meskipun telah menjadi sebuah permasalahan yang umum, namun sayangnya masih banyak orang yang tidak mengetahui bagaimana cara memperbaiki mobil penyok secara mandiri. Banyak orang lebih memiliki untuk membawanya ke bengkel ketok magic guna menyelesaikan permasalahan penyok tersebut dan tentunya membutuhkan biaya perbaikan yang cukup bervariasi.

Namun mulai sekarang kamu tidak perlu lagi khawatir lagi, karena sebenarnya permasalahan penyok pada mobil dapat diatasi dengan melakukan perbaikan secara mandiri. Lalu bagaimana caranya? Simaklah informasi pada artikel ini, karen pada kesempatan kalai ini pajakmobil.com akan menyajikan sebuah artikel yang akan membahas mengenai bagaimana cara memperbaiki mobil penyok secara lengkap!

Cara Memperbaiki Mobil Penyok Dengan Mudah

Cara Memperbaiki Mobil Penyok Dengan Mudah

Untuk  memperbaiki penyok pada mobil secara mandiri sebenarnya bukanlah kegiatan perbaikan yang sangat sulit dilakukan. Kamu dapat memanfaatkan bahan dan alat-alat sederhana yang tersedia di sekitarmu guna melakukan tindakan perbaikan. Berikut ini adalah cara memperbaiki mobil penyok secara mandiri dengan mudah yang dapat kamu lakukan:

1. Menggunakan hairdryer dan cairan karbon dioksida

Hairdryer(pengering rambut) dan cairan karbon dioksida menjadi alat dan bahan pertama yang dapat kamu gunakan untuk mengatasi adanya penyok pada mobil milikmu.Berikut ini adalah langkah-langkah menggunakan alat dan bahan tersebut dalam memperbaiki penyok pada mobil:

  • Siapkan terlebih dahulu mesin pengering rambut(hairdryer dan cairan karbon dioksida)
  • Nyalakan mesin hairdryer lalu arahkan ke bagian mobil yang terdapat penyok.
  • Terus arahkan ke bagian mobil yang terdapat penyok hingga pada bagian tersebut terasa panas.
  • Setelah bagian penyok pada mobil telah terasa cukup panas, segera semprotkan cairan karbondioksida pada bagian tersebut.
  • Lakukan penekanan pada bagian yang telah kamu smprot hingga penyok menjadi tersamarkan dan membentuk kembali ke bentuk yang semula.

2. Menggunakan air panas

Menggunakan air panas untuk memperbaiki mobil yang penyok mungkin akan terdengar aneh bagi sebagian orang. Namun nyatanya, air panas memang cukup efektif untuk digunakan dalam melakukan perbaikan penyok pada mobil. Berikut ini adalah caranya:

  • Sipakan air panas ke adalam sebuah teko ataupun alat sejenisnya.
  • Siramlah secara perlahan pada bagian mobil yang terdapat penyok.
  • Tekan-tekan pada bagian mobil yang terdapat penyok dengan menggunakan kain lap secara perlahan hingga penyok mulai tersamarkan. Lakukan hal yang sama juga pada bagian dalam.
  • Setelah bagian mobil yang terdapat penyok mulai terasa tersamarkan setelah dilakukan penekanan, segera siram pada bagian tersebut dengan menggunakan air dingin untuk mengerasakan kembali bagian tersebut.
  • Lakukan langkah berikut secara berulang kali hingga penyok pada bagian mobil benar-benar hilang.

3. Menggunakan es batu

Es batu menjadi barang sederhana yang mudah didapatkan selanjutnya yang dapat kamu gunakan untuk membantu memperbaiki penyok pada bagian mobil. Namun sayangnya, es batu hanya dapat digunakan untuk membantu memperbaiki penyok pada mobil yang tidak terlalu parah. Berikut ini adalah caranya:

  • Siapkan es batu dengan jumlah yang secukupnya, lalu tempelkan pada bagian mobil yang terdapat penyok.
  • Terus tempelkan es batu pada bagian tersebut hingga terlihat butiran-butiran salju keluar dari bagian penyok tersebut.
  • Setelah butiran salju mulai keluar, segera lepas es batu dan gunakan hairdryer untuk memanaskan bagian tersebut.

4. Menggunakan Pops A Dent

Anda juga dapat menggunakan produk khusus bernama Pops A Dent. Bentuk alat tersebut menyerupai jembatan yang berfungsi mendistribusikan tekanan secara merata. Tujuannya adalah untuk menghindari risiko kerusakan pada bodi mobil. Berikut ini adalah cara penggunaannya:

  • Pilih pad lem yang sesuai dengan ukuran penyok pada mobil.
  • Panaskan stik lem selama tidak lebih dari 5 menit.
  • Biarkan lem mengering selama kurang lebih 5 menit. Pastikan lem benar-benar melekat. Jangan biarkan lem menempel pada bodi mobil selama lebih dari 8 menit. Jika hasilnya tidak sesuai dengan harapan, ulangi prosesnya.
  • Hasil dari penggunaan Pops A Dent bergantung pada ukuran dan lokasi kerusakan mobil.

Namun perlu kamu ketahui, alat ini hanya dapat digunakan pada mobil yang memiliki cat bodi mobil asli dari pabriknya. Jika digunakan pada mobil yang warnanya sudah terkelupas, hal tersebut dapat membuat cat yang terkelupas semakin banyak.

Penutup

Memiliki mobil penyok dapat menjadi masalah yang sangat menjengkelkan bagi banyak pemilik mobil. Namun, tidak perlu khawatir karena sekarang ada cara yang mudah untuk memperbaiki mobil penyok tanpa harus membayar biaya mahal di bengkel. Dengan mengikuti panduan yang tepat, Anda dapat memperbaiki mobil penyok Anda sendiri dengan mudah dan menghemat biaya perbaikan yang mahal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *