Begini Cara Menaikkan Kompresi Motor!

Baginilah Cara Menaikkan Kompresi Motor! – Memiliki kendaraan sepeda motor yang memiliki tenaga atau performa mesin yang tangguh dan kencang saat dipacu pada kecepatan yang tinggi mungkin menjadi sebuah hal yang banyak diinginkan oleh sebagian besar pemiliki kendaraan bermotor jenis roda dua. Oleh sebab itu, banyak pemilik kendaraan sepeda motor (khusunya kaum muda) melakukan serangkain tindakan modifikasi pada mesin sepeda motor mereka.

Salah satu tindakan modifikasi yang seringkali dilakukan agar mesin sepeda motor dapat memiliki tenaga dan perfoma yang lebih ekstra adalah dengan menaikkan kompresi mesin. Bagi kamu yang gemar dalam dunia drag motor, mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan apa itu yang dinamakan dengan menaikan rasio kompresi pada mesin motor, karena tindakan tersebut dapat dibilang sebagai sebuah tindakan modifikasi wajib yang dilakukan pada mesin motor drag.

Telah terbukti jika menaikkan kompresi dapat membuat tenaga mesin motor menjadi lebih kuat, namun tindakan modifikasi tersebut tentu saja bukalah tindakan yang mudah untuk dilakukan. Perlu adanya pemahaman tentang dunia modifikasi mesin motor yang cukup, agar tindakan menaikkan rasio kompresi mesin yang dilakukan dapat berhasil. Oleh sebab itu, jika kamu ingin melakukan tindakan yang sudah termasuk kedalam tindakan modifikasi pada mesin motor tersebut alangkah baiknya menggunakan jasa bengkel modifikasi yang sudah terpercaya.

Cara Menaikkan Kompresi Motor

Cara Menaikkan Kompresi Motor

Namun jika kamu ingin mengetahui apa sebenarnya tindakan perubahan ataupun penggatian yang dilakukan oleh seseorang yang ingin menaikkan kompresi mesin pada sebuah kendaraan sepeda motor, pada kesempatan kali ini pajakmobil.com akan menyajikan sebuah artikel yang akan membahas mengenai bagaimana cara menaikkan kompresi motor yang dapat kamu gunakan sebagai sebuah bahan referensi pengetahuan.

1. Papas Silinder Head atau Blok Mesin

Pada umumnya, langkah pertama yang dilakukan oleh seorang mekanik yang ingin menaikan kompresi mesin motor adalah melakukan tindakan papas pada komponen silinder head atau blok mesin, guna mengurangi volume pada ruang pembakaran. Dengan melakukan tindakan pemapasan pada komponen tersebut, volume ruang bakar pada mesin akan menjadi lebih sempit, sehingga membuat rasio kompresi akan menjadi naik dan membuat tenaga mesin motor menjadi lebih kuat.

2. Menggunakan Dome Piston

Cara selanjutnya untuk dapat menaikkan rasio kompresi mesin pada sepeda motor adalah melakukan penggantian pada piston standar menjadi piston dengan bentuk dome atau kubah. Dengan menggunakan piston tipe dome yang berbentuk kubah yang mana terdapat tonjolan pada bagian atasanya, akan membuat volume ruang bakar menjadi lebih rapat dan membuat rasio kompresi mesin menjadi naik.

3. Memperbanyak Aliran Udara Kedalam Ruang Bakar

Agar kamu dapat menaikkan kompresi mesin sepeda motor, kamu dapat melakukannya dengan memperbanyak aliran udara yang masuk ke dalam ruang bakar. Cara tersebut dapat kamu lakukan dengan memperbesar saluran isap serta mengganti ukuran klep dengan yang lebih besar. Apabila kamu ingin memperoleh tenaga mesin yang lebih maksimal, kamu dapat menambahakan sebuah perangkat turbo, namun tentu saja tindakan ini memerlukan biaya yang cukup besar.

4. Menghilangkan Ring Pada Kepala Busi

Cara paling mudah agar kamu dapat menaikkan kompresi motor adalah dengan menghilangkan ring yang terdapat pada kepala busi. Tindakan tersebut sudah terbukti dapat meningkatkan kompresi mesin motor karena pajang kepala busi yang masuk kedalam head mesin menjadi lebih banyak, sehingga meningkatkan tekanan pada ruang bakar meskipun hanya sedikit.

Namun jika kamu ingin menggunakan cara ini, pastikan kamu akan telah siap untuk menerima segala resiko terburuk yang mungkin akan kamu alami. Sebab, jika kamu membuang ring penahan yang terdapat pada kepala busi dapat menimbulkan kebocoran. Jika permasalahan tersebut terjadi, tindakan perbaikan yang harus kamu lakukan adalah membawanya ke tukang bubut dan papas sedikit dudukan ring busi.

5. Ganti Paking  atau Gasket Slinder Blok

Cara untuk dapat menaikkan kompresi pada mesin motor yang terakhir adalah dengan melakukan penggantian pada komponen paking atau gasket silinder blok yang memiliki ketebalan yang lebih tipis. Cara tersebut terbilang cukup efektif untuk meningkatkan rasio kompresi pada mesin motor, sehingga membuat tenaga mesin menjadi lebih kuat dan bertenaga.

Penutup dan Kesimpulan

Itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menaikkan kompresi pada mesin motor. Namun sebelum melakukan tindakan hal tersebut, pastikan terlebih dahulu kamu telah memahami segala resiko yang mungkin kamu alami jika menaikkan rasio kompresi mesin. Sebab, dengan adanya kenaikan pada rasio kompresi akan menyebabkan suhu pada mesin menjadi lebih cepat naik dan memicu terjadinya knocking yang akan memperpendek umur mesin, shingga sangat tidak disarankan untuk dilakukan pada kendaraan sepeda motor yang digunakan untuk keperluan mobilitas sehari-hari.

Sekian artikel yang dapat penulis sajikan pada kesempatan kali ini, semoga informasi yang ada pada artikel ini dapat bermanfaat untukmu….

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *