Tips  

Cara Menghilangkan Goresan pada Motor dengan Mudah

Cara Menghilangkan Goresan pada Motor

Akan sangat disayangkan jika motor yang kita miliki mengalami goresan pada bagian bodi. Apalagi jika motor yang kita miliki berwarna hitam, pasti goresan itu akan terlihat menjadi sangat jelas sehingga mengganggu penampilan motor kita. Namun goesan atau baret merupakan masalah yang memang sulit untuk dihindari bagi pemilik kendaraan bermotor yang memiliki tingkat mobilitas yang tinggi setiap harinya. Tapi mulai sekarang kamu tidak usah khawatir lagi, karena pada artikel kali ini akan menjelaskan bagaimana cara menghilangkan goresan pada motor.

Cara Menghilangkan Goresan Pada Motor 

Adanya satu goresan kecil pada body motor kesayangan saja pasti akan sangat mengganggu dan akan mengurangi penampilan motor kesayangan kamu. Lalu bagaimana cara menghilangkan baret motor pada body motor?

Berikut adalah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menghilangkan goresan atau baret yang terjadi pada motor yang kamu miliki.

Penting: Sebelum melakukan serangkaian cara penghilangan goresan, kamu haru mencucinya terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan kotoran dan debu agar nantinya kamu mengetahui seberapa parah dan dimana letak goresan atau baret tersebut.

1. Gunakan Minyak Rem

Cara ini sangat mudah dilakukan, kamu hanya perlu meneteskan sedikit minyak rem ke bagian lecet. Kemudian, gunakan kain halus untuk membersihkannya. Lakukan berulang sampai mendapat hasil yang maksimal.

Cara dan tips menghilangkan goresan dan baret di atas dapat kamu terapkan sehingga motor kesayangan akan nampak seperti baru kembali. Perlu kamu tahu bahwa baret atau goresan bisa timbul karena sembarangan parkir motor ataupun karena motor terjatuh. Karena itulah, sebelum goresan menjadi semakin parah, maka segera hilangkan dengan cara mudah di atas.

2. Melakukan Pengamplasan

Melakukan pengamplasan pada bagian bodi kendaraan yang terdapat goresan adalah hal pertama yang bisa dicoba. Namun dengan catatan, pengamplasan hanya bisa dilakukan jika goresan yang terdapat pada bodi motor tidak terlalu parah. Pengamplasan dapat dilakukan jika goresan atau baret yang terdapat pada bodi motor tidak terlalu parah.

Berikut adalah cara pengaplikasiannya:

  1. Bersihkan bodi motor dan basahi area lecet dengan air
  2. Gunakan amplas dengan ukuran sehalus mungkin.
  3. Lakukan penggosokan menggunakan amplas secara perlahan dan searah agar tidak semakin menimbulkan goresan yang semakin parah.
  4. Gosok hingga goresan pada bodi hilang atau tersamarkan.
  5. Lakukan pengeringan menggunakan kain.

Ukuran ampelas yang halus tentu direkomendasikan untuk body motor. Lakukan proses pengamplasan dengan hati-hati. Cara ini perlu kesabaran, lakukan sampai baret menghilang dan body motor sampai rata tapi jangan terlalu dalam. Setelah itu keringkan body motor tersebut dengan kain yang halus.

3. Menggunakan Compound

Jika sudah melakukan pengamplasan namun masih ada goresan yang terlihat, compound dapat digunakan untuk menyelesaikannya. Cara pengaplikasiannya pun terbilang cukup sederhana, oleskan compound pada bagian yang masih terdapat goresan menggunakan kain. Selanjutnya  gosok kain dengan perlahan di bagian bodi yang tergores hingga lecet hilang atau tersamarkan.

Compound merupakan jenis bahan berbentuk krim padat, tergantung jenisnya. Sifatnya abrasif dan digunakan untuk memoles motor saat pengecatan. Compound juga disebut sebagai bahan poles yang mampu menyamarkan baret atau goresan halus pada cat mobil maupun motor.

*Memiliki sifat yang abrasif, maka tidak direkomendasikan untuk digunakan terlalu sering karena menipiskan cat motor dan bisa merusaknya. 

4. Menggunakan Scratch Remover

Penggunaan scratch remover ini bertujuan untuk menyamarkan goresan yang terjadi pada bodi kendaraan bermotor. Agar cairan ini bekerja dengan baik maka sebelumnya motor telah dibersihkan minimal dengan air.

Caranya pengaplikasiannya, kamu hanya perlu mengoleskan sedikit cairan scratch remover secara langsung pada bagian bodi yang mengalami goresan atau lecet, lalu gosok secara perlahan. Kemudian lap menggunakan kain halus agar memaksimalkan hasil yang di dapat.

5. Menggunakan Pasta Gigi

Komposisi partikel yang terkandung dalam pasta gigi nyatanya dapat berperan sebagai amplas untuk membantu menghilangkan goresan pada bodi motor. Cara penggunaan pasta gigi untuk menghilangkan goresan pada bodi motor adalah sebagai berikut:

  1. Lakukan pencucian untuk memastikan bagian bodi yang terdapat goresan bersih dari debu.
  2. Oleskan secukupnya pasta gigi pada bagian bodi yang terdapat goresan.
  3. Gosok secara perlahan menggunakan sikat bekas hingga goresan tersamarkan.
  4. Bilas menggunakan air bersih, lalu keringkan.

Cara Menghilangkan Goresan pada Motor Warna Putih

Adanya goresan bisa disebabkan oleh berbagai hal, salah posisi parkir, bersenggolan dan sebagainya. Lecet ini bisa terjadi di semua motor, tak terkecuali motor warna putih.

Untuk menghilangkan goresan kecil yang biasanya bered warna putih pada dek sepeda motor matic berbahan plastik, caranya cukup mudah tinggal dipanaskan menggunakan hair dryer.

Cara ini diklaim mampu menyamarkan goresan karena panas yang disemburkan dari alat yang biasanya digunakan untuk mengeringkan rambut tersebut dapat melelehkan goresan-goresan kecil, sehingga lapisan yang tergores akan tertutup kembali.

Disarankan untuk tidak memoles bagian tersebut dengan cairan poles yang diperuntukkan untuk body motor. Hal itu bisa membuat dek motor berwarna kusam. Cairan poles itu mengandung bahan kimia yang hanya cocok untuk body berbahan fiberglass. Jika dipakai untuk dek motor atau berbahan plastik, biasanya warna hitam akan pudar menjadi kusam.

Cara Menghindari Adanya Goresan Pada Motor

Ada beberapa hal yang dapat menjadi penyebab umum timbulnya goresan/lecet pada bagian bodi motor. Berikut ada beberapa tips & saran yang bisa dilakukan agar meminimalisir timbulnya goresan pada kendaraan bermotor kamu:

  1. Tidak melakukan parkir yang terlalu berdempetan dengan kendaraan lain yang memungkinkan terjadinya gesekan.
  2. Melakukan pelapisan bodi kendaraan dengan stiker atau skotlet.
  3. Berhati-hati saat berkendara.
  4. Hindari berkendara di jalan yang rusak/berlubang.

Apakah goresan di motor bisa hilang?

Ya, cara di atas pasti bisa menghilangkan goresan, paling tidak salah satunya. Hal yang perlu kamu pahami adalah seberapa parah goresan tersebut? Jika memang masih kecil dan layak untuk diperbaiki dengan cara mudah sebagaimana dijelaskan maka langkah tersebut layak untuk dilakukan. Tetapi, jika goresan sudah parah atau justru lebih cocok disebut ‘rusak’ ketimbang lecet maka kamu perlu mengganti bagian terebut atau bisa menutupinya dengan sticker.

Baca jugaCara Menghilangkan Getar Pada Motor Matic

Penutup

Menjaga penampilan motor agar tetap terlihat bersih dan rapi cukup penting dilakukan agar menambah kepercayaan diri saat berkendara di jalan. Sayangnya, karena mobilitas tinggi kendaraan di jalan raya, parkir yang terlalu mepet, hingga benturan dapat mengakibatkan bodi motor menjadi tergores dan lecet.

Semoga setelah membaca artikel di atas tentang cara menghilangkan goresan pada motor, kamu tidak perlu khawatir lagi karena dapat menghilangkan permasalahan goresan yang terjadi secara mandiri. Jika kamu ragu melakukannya sendiri, kamu bisa meminta bengkel cat untuk melakukan hal ini.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *